AGAR HELM TAK BAU APEK

31 12 2007

“Gua sekarang males pakai helm yang ini nih, abis sudah bau apek dan kaca berjamur,” kata Sigit Ketua Karisma Fans Club (KaFC). Abis gak dirawat sih bro..Nah biar gak males pake helm kayak Sigit, simak nih tips ngerawat helm dari Motoriders :

1. Buka kaca penutup, khususnya jenis full face, saat helm tak digunakan. Karena bila dibiarkan tertutup, udara pengap dan bau bekas keringat bakal terus terperangkap di dalam helm. Bau menyengat juga akan timbul bila tak tersentuh sinar matahari dalam waktu lama. Hawa panas dalam helm akan mengendap pada lapisan busa dan inilah yang menyebabkan bau tak sedap.

2. Biasakan menjemur helm setelah penggunaan pada perjalanan jarak jauh. Atau perawatan setidaknya dilakukan sepekan sekali, untuk penggunaan harian di Indonesia. Letakan helm dalam posisi terbalik dengan kaca dan seluruh bagian ventilasi terbuka. Ruang terbuka bagian bawah helm mempercepat penguapan butiran keringat dalam helm. Dan sinar ultra violet matahari mampu menetralisasi bar keringat itu.

3. Ketika menyimpan helm, perhatikan fungsi ventilasi agar tetap terbuka sehingga udara bersirkulasi dengan baik. Salah satu cara termudah, buka kaca dan seluruh lubang ventilasi. Bau sisa keringat akan bersirkulasi dan memiliki jalan keluar untuk menguap.

4. Jangan lupa menaruh wewangian seperti misalnya kapur barus, ketika helm tak digunakan. Namun, hati-hati memilih jenis pengharum untuk itu. Jika menggunakan minyak wangi, maka pilih yang mengandung kadar alkohol rendah. Bila terpaksa memakai pewangi beralkohol tinggi, usahakan saat menggunakannya dalam jumlah sedikit. Karena busa helm cepat kering dan kisut bila sering terkena alkohol.

5. Gunakan pewangi beralkohol tinggi secara tepat, seperti misalnya hanya menyemprotkan sedikit dalam jarak cukup jauh dari target. Lalu bila kaca helm terkena alkohol, segera bersihkan dengan tisu atau kain halus. Sebab, senyawa pewangi ternyata akan mempermudah timbulnya jamur pada kaca helm.

6. Poles bagian luar helm dengan pasta pengkilap secara merata. Fungsinya selain untuk menjaga ketahanan warna helm, debu juga tidak mudah menempel.

7. Selesai dipoles dan diharumkan, simpan helm di tempat bebas debu dan tidak mudah terkena matahari secara langsung. Namun jangan juga menaruh helm pada lingkungan lembab. Supaya wewanggian tak terlalu menyengat, kala menyimpan helm buka seluruh ventilasi dan kaca helmnya.


Actions

Information

6 responses

2 01 2008
Sang Prabu

kpalanya bau amiis kali, makanya helm nya bau!! kagak pernah keramas sih…
kebanyakan nonton pamela sih….hekhekhek

3 01 2008
DeNyut RC

wahh..kepala yg mane dlu ni bro??ms sampe ke kepala atas,kalah aer mancur bunderan HI,hhhaha….

3 01 2008
[R]dee

sang prabu,
gak dsni gak dsna..omongannya gak jauh2 deh,dsr “galeri”,hhahaa…koleksi miyabi dah volume k’brp bro??hheheee…

13 02 2008
geraipulsacokie@yahoo.co.id

waaah..asik neh tips nya..mang kadang gw lupa jemur helm..jadi bau deh helm gw..

17 04 2008
ryan

Helm uda berabad – abad kgk diganti2, uda kgk tau deh baunya…wakakak

22 10 2008
Ghozi

Bau nya datang dari kepala yang mana, atas atau bawah,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: